Kegiatan Akhir Tahun Ajaran SMP IT Budi Luhur


Alhamdulillah setelah satu tahun berjuang, tiba saatnya para pelajar SMP Islam Terpadu Budi Luhur menuai hasil.
Saat diumumkan bahwa adanya surat edaran, tentang majunya jadwal UKK, terlihat wajah ceria di wajah para pelajar. Setelah ditanya “kok pada seneng sich...?”, mereka kompak menjawab “berarti liburnya agak panjang ya pak...?”. Wah-wah anak zaman sekarang di tanya malah balik nanya.
Persiapan awal management SMP yang kerap di panggil dengan SMP BLIT ini, adalah melakukan Rapat Dewan Guru untuk memutuskan dan menunjuk Panitia Ujian Kenaikan Kelas. Ashari Purwanto, S.Pd selaku Kepala SMP IT BL menunjuk H. Arifin Ahyani, S.Pd.I sebagai Ketua Panitia UKK.
Berikut Dokumentasi jalannya kegiatan Ujian.
Konsentrasi

Franky Wahyudi, A.Md (English Teach)
Yang paling membanggakan bagi SMP Islam Terpadu Budi Luhur adalah pada hari sabtu tanggal 7 Juni 2015, yaitu saat Ujian Tahfidz Al Qur’an. 50% Pelajar SMP IT BL Mampu muroja’ah hafalan mereka sebanyak separuh Jusz Lebih, dan 10 diantaranya hampir hafal 1 jusz Amma, tinggal beberapa surat saja yang belum dapat hafal. Padahal dengan penuhnya jadwal belajar mereka disekolah mulai jam 07.30 s/d 15.00 WIB, belum lagi mereka harus membantu orang tua dirumah, dan pada malam harinya mereka diharuskan mengikuti Ekstrakurikulel Pemahaman Qur’an Hadist, pencapaian ini sangat-sangat membanggakan bagi SMP Islam Terpadu Budi Luhur. Menanggapi hal tersebut, Izul Firdaus salah seorang Dewan Guru SMP IT Budi Luhur bertanya pada mereka, “Bagaimana cara kalian membagi waktu menghafal, dengan penuhnya jadwal kalian setiap hari...?”, Mereka menjawab “Pak Iluk (Guru Tahfidz SMP IT Budi Luhur) hanya memerintahkan kepada kami, untuk dapat menghafal 1 ayat saja setiap hari”. Yang jelas sebuah kalimat buat Iluk Mantopo “Barokallahu Laka”.
Ujian Tahfidz - Muroja'ah Hafalan (Ustadzah Wanti)

Ujian Tahfidz - Muroja'ah Hafalan (Ustadzah Leha)
Iluk Mantopo (Guru Tahfidz Al Qur'an)

Diusahakan seluruh Pelajar SMP IT BL dapat naik 100 % ke Kelas VIII, untuk itu hari senin, 8 Juni 2015 pasca UKK, Management SMP IT Budi Luhur melakukan Remedial bagi pelajar yang belum dapat menuntaskan KKM. Tempat remidial dibagi dalam beberapa ruang, tergantung mata pelajaran mana yang belum mereka tuntaskan.

Tanggal 8 Juni 2015 s/d 10 Juni 2015, Pihak SMP Mengadakan Ujian Intern Sekolah yaitu Ujian Ekstra Kurikulel Pemahaman Qur’an Hadist yang dilaksanakan di Masjid Al Huda. Hari Pertama Ujian Kertas berupa 30 Pilihan Ganda dan 5 Essay, waktunya Setelah Sholat Maghrib, hari kedua Ujian Hafalan Do’a dan Dalil-dalil, waktunya setelah sholat Maghrib, hari ke-tiga Ujian Praktik Thoharoh/ Mensucikan Najis, bagi pelajar perempuan waktunya setelah Sholat Ashar, bagi pelajar laki-laki setelah Sholat Maghrib.
Simulasi Praktik Wudhu
Simulasi Mensucikan Pakaian
Simulasi Praktik Sholat
Simulasi Praktik Sholat
Simulasi Praktik Thoharoh
Pada saat praktik sholat, tampak tidak menggunakan abaya' dan baju koko, karena hanya sebatas simulasi.
Selain itu pihak SMP Seperti Biasa membagikan Doorprize Pasca Ujian, Dioni Santakrus mendapatkan Album Buku Semaphore (Kode Semaphore yang ber background Foto Kegiatan HUT PRAM yang sedikit ditransparankan) dan Ikwan Syahrul Romadhon mendapatkan Buku Sholat Khifdzi.
Ikhwan Syahrur Romadhon
Ikhwan & Dioni Santakrus
Berikut Dokumentasi Kegiatan Pembagian Raport dan Pembagian Piagam Penghargaan, serta pembagian Syahadah Tahfidzul Qur’an.
Apel Siswa
Apel siswa bertujuan untuk memberi pengumuman-pengumuman, diantranya :
* Lama Liburan Sekolah,
* Kegiatan Pesantren Kilat/ Asrama Romadhon,
* Jadwal kegiatan bersih-bersih lingkungan sekolah dan masjid selama liburan,
*dll.
Sambutan Kepala SMP - Ashari Purwanto, S.Pd
Dewi Ismala Rita, S.Pd (Wali Kelas VII A) & Malfida Awalin Nurrohmah, S.Pd (Wali Kelas VII B)
Wali Murid
Penjelasan Sistem Penilaian Raport - Dewi Ismala Rita, S.Pd
Para Juara Sekolah beserta Wali
Urutan mulai dari kiri ke kanan : 
Juara III Umum kelas VII : Elvi Ristamila Putri dari Miskam
Juara II Umum Kelas VII : Dioni Santakrus Putra dari Ali Shodiqin
Juara I Umum Kelas VII : Mutiara Indana Zulfa Putri dari H. Arifin Ahyani, S.Pd.I
Para Juara Ekstrakurikulel Pemahaman Qur'an Hadist
Urutan mulai dari kiri ke kanan :
Juara III : Mutiara Indana Zulfa
Juara II : Elvi Ristamila
Juara I : Dioni Santakrus
Bintang Tahfidz sekaligus Bintang Tahunan
Reward Syahadah Tahfidz Al Qur'an
Urutan mulai dari kiri ke kanan :
Elvi Ristamila Hafal 354 Ayat Al Qur'an
Renaldi Hafal 520 Ayat Al Qur'an
Dioni Santakrus Hafal 524 Ayat Al Qur'an
Pembagian Raport Sekolah
Pembagian Raport Ekskul Pemahaman Qur'an Hadist
Untuk Rumus Konversi dapat didownload disini.
Perlu dimengerti, kami men-share rumus aplikasi konversi nilai ini bukan untuk mengkatrol nilai pelajar, namun untuk sebagai perbandingan nilai, dan bagi sekolah yang telah menggunakan kurikulum 2013 juga dapat mendownload aplikasi ini. Jika terjadi masalah saat download, inbox kami di facebook.

Komentar

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar dengan Positiv dan Membangun Pelajar Anak Indonesia