Perangkat Upacara Bendera Senin SMP IT Budi Luhur Dente Teladas

Kompasiana - Banyak Manfaat Upacara Bendera Hari Senin,antara lain :
pertama hidup tertib dan disiplin, pada saat upacara kita harus disiplin misalnya saat dimulai jam 7 pagi maka tiap hari senin anak-anak harus setiap jam 7 harus langsung menuju ke tempat upacara bendera, lalu berbaris dengan rapi menurut ukuran tinggi badan siswa dari siswa yang memiliki tinggi badan yang pendek hingga yang tinggi berada di posisi belakang.
Kedua menumbuhkan jiwa kepemimpinan, dengan upacara bendera siswa atau siswi diharapkan dapat tumbuh jiwa kepemimpinannya, apalagi pemimpin upacara bergiliran dari satu kelas ke kelas yang lain. Dengan cara ini siswa akan belajar untuk memimpin tidak hanya orang lain, tetapi memimpin dirinya sendiri.
Ketiga membangun rasa percaya diri, dengan upacara siswa dapat belajar membangun rasa percaya diri yang tinggi, karena untuk berdiri di depan teman-temannya rasa grogi dan gemetar itu pasti ada, tetapi kalau mereka sudah terbiasa, maka biasanya mereka santai saja walaupun tampil di depan teman-teman dan gurunya.
Keempat belajar bersosialisasi dengan lingkungan, pada saat upacara bendera siswa biasanya berbaris dengan siswa lainnya. Biasanya kita harus berbaris dan berdekatan dengan kakak kelas atau adik kelas. Kita harus bisa menyesuaikan dengan barisan dengan orang lain, dan tidak mengganggu orang lain. Jadi siswa diharapkan bersosialisasi dengan lingkungannya.
Kelima menumbuhkan semangat kebersamaan, dalam upacara biasanya peserta upacara mengikuti aba-aba pemimpin upacara. Jika peserta upacara tidak turut serta dengan apa yang diperintahkan oleh pemimpinnya, maka terjadi ketidak kompakkan atau tidak serasi dalam barisan atau gerakan antar satu peserta dengan peserta yang lainnya. Sehingga semangat kebersamaan dalam upacara akan tumbuh.
Keenam membangun sikap tenggang rasa, dalam setiap upacara kesalahan atau kekeliruan itu sudah biasa terjadi, jika peserta sudah pernah merasakan bagaimana rasanya melakukan kesalahan di depan umum itu malu, maka jika ada petugas upacara yang melakukan kesalahan, siswa yang lain tidak usah mentertawakannya. Itu bagian dari sikap tenggang rasa.
Dan terakhir belajar bertanggung jawab, jika siswa ditugaskan oleh gurunya untuk menjadi petugas upacara, maka siswa tersebut sebenarnya sudah belajar bertanggung jawab, apakah dia mampu tampil atau berpura-pura sakit karena grogi dan malu tampil di depan orang lain.

Untuk itu, berikut kami sertakan Perangkat Upacara Bendera SMP IT Budi Luhur dengan formar Microsoft Word.
TATA UPACARA
  
TEKS UUD 45

JANJI SISWA SMP IT BUDI LUHUR

TEKS PANCASILA

DOA UPACARA
Sebagian Artikel ini Merupakan Referensi dari : http://edukasi.kompasiana.com/2012/11/05/buat-apa-sih-upacara-bendera-506015.html
(Izul F)

Komentar

  1. Link download tidak bisa, mohon dikirim ke email nasyacomput@gmail.com atau via WA 082361483333 atau inbox FB syafii b in hamid umar

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar dengan Positiv dan Membangun Pelajar Anak Indonesia