Profil Sekolah Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu Budi Luhur



PEMERINTAH KABUPATEN TULANG BAWANG
DINAS PENDIDIKAN
SMP IT BUDI LUHUR
Jln. Poros Indo Lampung KM 75, Kec. Dente Teladas, Kab. Tulang Bawang, Prop. 34596 Lampung
NPSN. 69867916, NSS. 202120511013 www.smpitbudiluhurkekatung.blogspot.com


Profil Sekolah
SMP IT Budi Luhur Dente Teladas

I.
Identitas Sekolah


A.
Profil

1.
Nama Sekolah
:
SMP IT Budi Luhur Dente Teladas
2.
Status Sekolah
:
Swasta
3.
NPSN

69867916
4.
NSS

202120511013
5.
Alamat Sekolah
:
Jl.Poros.Indolampung Km 75 Komplek Masjid Al-Huda Kampung Kekatung,RT/RW:03/01
6.
Kecamatan
:
Dente Teladas
7.
Kabupaten
:
Tulang Bawang
8.
Propinsi
:
Lampung
9.
Kode Pos
:
34596
10.
Email
:
11.
No HP
:
085269293687 (Kepsek)
12.
Kepala Sekolah
:
Suryadi,S.Pd
13.
Komite
:
Riyanto
14.
Operator Sekolah
:


B.
Data Sekolah

1.
Tahun Pendirian
:
2014
2.
Tahun Operasional
:
2014
3.
Status Tanah
:
Milik Lembaga Pendidikan Al-Manshurin
4.
Sumlah Siswa
:
50 Tahun Pelajaran 2014/2015
5.
Rombongan belajar
:
2 ( dua )
6.
Data Ruang Kelas
:
2 ( dua ) Ruang belajar dan 1 ( satu ) ruang guru
7.
Data Guru
:

NO
NAMA GURU
TTL
L/P
TMT
STTB
1.
Suryadi,S.Pd
Sragen,7 Juli 1966
L
01-Jul-14
S1 Bhs.Indo
2.
Sutikno,S.Pd
Pemalang,23 Mei 1972
L
01-Jul-14
S1 PGSD
3.
Ashari Purwanto,S.Pd
Way Jepara,20 Januari 1971
L
01-Jul-14
S1 PGSD
4.
Joko Supranto,S.Pd
Jakarta, 22 Juni 1975
L
01-Jul-14
S1 Penjaskes
5.
Dewi Ismala Rita, S.Pd
Panjang,05 Mei 1985
P
01-Jul-14
S1PGSD
6.
Arifin Ahyani,S.Pd.I
Grobogan,10 Oktober 1980
L
01-Jul-14
S1PAI
7.
Malfida Awalin N , S.Pd
Serbajadi, 29 oktober 1987
P
01-Jul-14
S1BK
8.
Yekti Handayani  S.Pd.I
Tegal Sari, 20 April 1984
P
01-Jul-14
S1PAI
9.
Iluk Mantopo
Bdr.Lampung,17Sept. 1984
L
01-Jul-14
SMA 2004
10.
Suyadi,S.Pd
Sragen,02 Juni 1981
L
01-Jul-14
S1 PGSD
11.
Izul Firdaus
Panjang, 14 Juli 1988
L
01-Jul-14
SMA
12.
Franky Wahyudi,A.Md
Teladas,15 November 1987
L
01-Jul-14
D3 Perikanan
13.
Ariyanto,S.Pd
Metro,28 April 1985
L
01-Jul-14
S1PGSD
 

8.
Visi dan Misi SMP IT BUDI LUHUR


a.
Visi SMP IT BUDI LUHUR

Sekolah ungul yang membangun generasi muda yang bertaqwa, berbudi pekerti luhur, mandiri, berkompetansi, berdaya saing dan berwawasan global
b.
Misi SMP IT BUDI LUHUR
Melaksanakan pembelajaran secara efektif dan menyenangkan.
Memadukan dan mengembangkan studi keislaman, keilmuan,kemandirian dan keindonesiaan dalam pendidikan dan pengajaran.
Meningkatkan kwalitas pembelajaran Ulumul Qur’an
Menyelenggarakan program pembinaan pribadi Qur’ani secara intensif.






9.
Tujuan Pendidikan SMP IT BUDI LUHUR



SMP IT BUDI LUHUR sebagai bentuk satuan pendidikan untuk memenuhi harapan masyarakat, dengan memiliki Tujuan umum dan tujuan khusus sebagai berikut:



a.
Tujuan Umum


Semangat juang yang tangguh (the spirit really tough)


Membentuk generasi muslim yang memiliki  pemahaman Islam yang utuh menyeluruh (complete understanding of Islam)


Loyalitas mutlak kepada Allah, rasul-Nya dan orang – orang yang beriman (absolute loyalty to God, prophet and those who believe)


Produktifitas  yang bermanfaat untuk dirinya, keluarga, masyarakat dan semua (beneficial productivity to themselves, families, communities and all)


Ketaatan kepada aturan kehidupan yang berlaku (obedience to the rules of life)


Jiwa pengorbanan dan kepedulian (spirit of sacrifice and care)


Totalitas (totality)


Komitmen dengan kebenaran dan keadilan (commitment to truth and justice)


Sikap menghargai karya dan kemampuan orang lain (appreciative attitude to the ability and work of others)


Rasa persaudaraan sesama ummat manusia  di seluruh dunia (sense of brotherhood among mankind throughout the world )








b.
Tujuan Khusus


Mempunyai Aqidah yang lurus dan mampu beribadah secara benar


Hafal 2 juz (30, 29) Al-Qur’an


Mampu membaca Al-Qur’an dengan tartil


Mampu menerjemahkan Al-Qur’an dan Al-Hadist


Mampu bersikap santun dan berakhlaq mulia


Mampu menjadi pribadi mandiri


Memiliki kemampuan dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi


Berprestasi  dalam  lomba-lomba di tingkat  kota/propinsi, Nasional
10.
Ciri Khas SMP IT Budi Luhur


1.
Integrated Curricullum atau kurikulum terpadu yang mengintegrasikan aspek kauniyah / semesta / alam dengan qauliyah / qur’aniyah yang diimplementasikan dalam pelajaran baik materi maupun proses KBM-nya


2.
Full Day School atau sekolah sehari penuh yang maksudnya bahwa penyelenggaraan KBM dilaksanakan dari pukul 07.15 hingga 15.00, hal ini karena tuntutan kurikulum yang ada


3.
Everyday with Qur’an, maksudnya adalah bahwa siswa maupun guru / karyawan senantiasa menjadikan Al Qur’an bagian dari, bacaan harian, baik di sekolah maupun di rumah, dan mengamalkanya.


4.
Tahfidzul Qur’an, maksudnya siswa maupun guru / karyawan menjadikan Al Qur’an sebagai hafalan dan dalam implementasinya diharapkan siswa lulusan SMP Budi Luhur hafal minimal 2 juz dari Al Qur’an.


5.
Communicative Interventive,  maksudnya adalah adanya komunikasi simultan antara sekolah dengan orangtua dalam rangka kesesuaian program pendidikan yang dilakukan di sekolah dengan yang dilakukan di rumah.

11.
KEBIJAKAN MUTU


SMP IT Budi Luhur  mempunyai komitmen yang kuat untuk memuaskan kebutuhan semua kalangan, melalui perbaikan berlanjut. Untuk tujuan tersebut, maka Manajement akan :


1.
 Menyediakan Tenaga Pendidik & Kependidikan dengan kualifikasi & kompetensi yang sesuai untuk memberikan kontribusi yang optimal pada kegiatan belajar mengajar.


2.
Mengembangkan proses pembelajaran (Intrakulikuler dan Ekstrakulikuler) sesuai dengan potensi daerah/karekteristik daerah, sosial budaya masyarakat setempat, dan peserta didik.


3.
Meningkatkan kerjasama dan partisipasi dengan berbagai pihak untuk meningkatan kemandirian sekolah.


4.
Menyediakan fasilitas sarana, prasarana dan lingkungan sekolah yang memadai untuk menunjang proses pembelajaran.
12.
SASARAN MUTU


1.
Persentase kelulusan Ujian Nasional mencapai 100%.


2.
Warga sekolah 100% disiplin dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya.


3.
Guru  mengadaptasikan mata pelajarannya dengan lingkungan hidup


4.
Warga sekolah 100%  ikut memelihara  lingkungan sekolah


5.
100%  siswa, guru dan karyawan mampu membaca al-quran


6.
Kehadiran guru dalam tatap muka pembelajaran 43 kali pertemuan minimal 90 % dari keseluruhan guru.

Komentar